Skip to main content

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Desain Interior

Desain Interior Rumah seringkali menjadi tugas pertama yang harus dipikirkan ketika kita mulai berkeinginan untuk membangun sebuah rumah. Selanjutnya apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat rencana dalam menata bagian dalam rumah kita? Tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan interior seperti apa yang akan menemani kita sehari-hari.

1. Konsep
Hal pertama yang harus kita lakukan untuk memilih desain bagian dalam rumah adalah konsep. Semua hal membutuhkan rencana yang matang agar nantinya kita mendapatkan hasil yang memuaskan. Oleh karenanya menentukan konsep apa yang akan kita usung ke dalam rumah juga merupakan hal penting untuk kita tentukan terlebih dahulu. Ada banyak konsep yang dapat kita pilih dalam mendesain rumah, diantaranya adalah desain minimalis, modern, maupun klasik.

2. Isi ruangan
Memilih Desain Interior rumah dengan membeli banyak perabotan untuk memenuhi bagian dalam rumah tentu saja bukan merupakan hal yang bijaksana. Oleh karenanya, kita perlu memperhatikan apa saja yang akan kita letakkan di dalam rumah yang sekaligus akan memberikan kesan keindahan dalam rumah kita. Misalnya saja dengan meletakkan rak buku dengan cara digantung. Hal ini akan sedikit mengurangi penggunaan ruang dalam rumah. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan bentuk dan fungsi perabot dalam rumah agar sesuai dengan ruangan yang akan kita gunakan untuk meletakkannya. Sebagai pemanis dan penambah asri rumah kita, kita juga bisa menambahkan ornamen hidup seperti bunga dalam vas atau tanaman dalam pot.

3. Warna cat
Sebagai pemanis desain interior rumah, warna dinding juga perlu kita pertimbangkan dengan baik. Hal ini dikarenakan setiap warna yang ada memiliki karakteristik dan arti masing-masing. Pertama, warna merah. Warna merah melambangkan keberanian dan semangat yang tinggi. Selain memberikan energi positif dalam sebuah ruangan, warna merah juga dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.
Kedua adalah warna biru. Warna biru seperti warna laut atau langit akan membantu kita merileksasikan badan dan perasaan kita di dalam rumah sehingga kita akan mendapatkan ketenangan. Warna ini cocok untuk digunakan sebagai penghias kamar mandi atau kamar tidur. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak memilih warna biru tua karena akan memberikan efek kesedihan.
Warna ketiga adalah hijau. Seperti yang kita ketahui bersama, warna hijau akan membawa enak dipandang dan memberikan rasa nyaman. Menggunakan warna hijau dalam rumah dipercaya akan memberikan ketenangan hati dan meningkatkan kesuburan.
Warna lain yang biasa dipilih adalah warna kuning. Sepeti warna sinar matahari, warna kuning membawa kebahagiaan dan keindahan. Selain itu, warna kuning dapat memberikan kesan luas pada sebuah ruangan. Namun, perlu diperhatikan bahwa warna kuning juga dapat meningkatkan kadar frustasi serta kemarahan.
Sebagai alternatif desain Interior Rumah, kita juga bisa memilih warna-warna yang berasal dari dua warna atau warna sekunder, seperti ungu, orange, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat…

Comments

Popular posts from this blog

7 Prinsip Desain Interior dan Arsitektur

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasi, yang di aplikasikan dalam bentuk rupa bangunan sampai perabot nya sehingga menjadi sebuah karya. Jika seorang pelukis, yang mewakili imajinasinya adalah lukisannya, maka seorang desainer Arsitektur dan Interior adalah bangunan yang dikerjakannya.

Desain Rumah Minimalis di Lahan Miring

Kali ini #tentangrumah akan membahas pemanfaatan lahan miring untuk rumah. Memiliki tanah di lahan sempit dengan permukaan yang miring bukanlah alasan bagi anda untuk membiarkannya. Lahan yang sempit sekalipun bisa anda manfaatkan untuk membangun hunian yang nyaman bagi anda dan keluarga. Bahkan, lahan yang permukaannya tidak datar dan terkesan ‘tidak menjual’ tersebut bisa anda sulap menjadi ruang hunian yang unik dan artistic. Ada begitu banyak contoh desain rumah minimalis di lahan miring yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam merancang hunian anda.

Konsep Rumah Tahan Gempa

Indonesia sebagai salah satu negara yang saat ini divonis sebagai daerah rawan gempa memang perlu mempertimbangkan konsep bangunan rumah tahan gempa , terutama untuk mereka yang berada di kawasan lempeng yang rawan terkena gempa.