Skip to main content

Memilih Kursi Untuk Ruang Tamu Minimalis


Untuk melengkapi fungsi dari ruang tamu, tentunya kita harus menempatkan satu set kursi didalamnya. Nah biasanya yang menjadi tantangan saat mengatur tata letak kursi dan perlengkapan pada ruang tamu adalah ruangan yang sempit. Untuk itu kita harus lebih cermat dalam memilih dan menempatkan model kursi pada ruang tamu minimalis, dan kali ini #tentanginterior akan membahasnya...
Pada rumah minimalis bertema klasik, biasanya akan lebih suka menggunakan kursi yang terbuat dari kayu dan rotan. Dengan menggunakan kedua jenis bahan ini memang akan semakin membuat suasana klasik lebih kentara. Salah satu alternatif pemilihan bahan meja untuk tema klasik adalah meja yang terbuat dari kayu jati. Kelebihan dari kayu jati adalah tahan di sepanjang zaman, tidak dimakan oleh ngengat ataupun binatang pemakan kayu lainnya. Memang harganya juga lebih mahal, namun untuk investasi dalam bidang furniture hal ini tidaklah rugi. Apalagi jika kursi kayu jati anda memiliki desain ukiran yang unik dan menarik, justru semakin tahun akan semakin tinggi nilainya, baik dari segi nilai artistik maupun nilai nominalnya jika kelak ingin anda jual.

Untuk rumah minimalis dengan tema modern akan lebih pas jika menggunakan kursi sofa yang berbahan kulit sintetis maupun kulit asli. Pemilihan ukuran kursi ruang tamu juga harus menyesuaikan dengan model ruangan yang anda miliki, akan lebih baik jika menggunakan kursi sofa yang memanjang dibandingkan dengan kursi individu yang dapat memakan tempat lebih banyak. Kursi sofa yang terbuat dari kulit asli akan lebih mudah dibersihkan dan terasa nyaman ketika di duduki tidak terasa panas, dari segi tampilannya pun juga terlihat lebih mewah. Namun jika anda tidak menyukai jenis bahan dari kulit asli, anda dapat memilih jenis kulit yang terbuat dari kain beludru. Model kursi yang terbuat dari bahan beludru juga mengesankan kemewahan dan elegant, selain itu warnanya juga bermacam-macam, berbeda dengan jenis kursi yang terbuat dari kulit yang dominan dengan warna coklat dan warna gelap.
Ruang tamu minimalis tidak banyak menggunakan aksesori furniture yang berlebihan karena akan membuat ruangan menjadi sempit.


Selain kursi, di ruang tamu juga pastinya akan membutuhkan meja untuk meletakkan hidangan berupa minuman dan makanan kecil, pada konsep ruang tamu modern saat ini banyak digemari penggunaan meja yang terbuat dari kaca. Bahan kaca lebih mudah dibersihkan dan awet. Anda tidak perlu khawatir meja anda akan mudah pecah, karena biasanya meja kaca dibuat sangat kuat sehingga tidak mudah retak jika hanya untuk menampung makanan dan minuman saja, namun anda juga harus tetap berhati-hati dalam perawatannya dan pilihlah meja kaca yang berkualitas, meskipun harganya sedikit lebih mahal.
Berikut beberapa pilihan kursi ruang tamu yang bisa dijadikan referensi:


Demikian adalah beberapa ide tentang pemilihan kursi ruang tamu minimalis, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

7 Prinsip Desain Interior dan Arsitektur

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasi, yang di aplikasikan dalam bentuk rupa bangunan sampai perabot nya sehingga menjadi sebuah karya. Jika seorang pelukis, yang mewakili imajinasinya adalah lukisannya, maka seorang desainer Arsitektur dan Interior adalah bangunan yang dikerjakannya.

Desain Rumah Minimalis di Lahan Miring

Kali ini #tentangrumah akan membahas pemanfaatan lahan miring untuk rumah. Memiliki tanah di lahan sempit dengan permukaan yang miring bukanlah alasan bagi anda untuk membiarkannya. Lahan yang sempit sekalipun bisa anda manfaatkan untuk membangun hunian yang nyaman bagi anda dan keluarga. Bahkan, lahan yang permukaannya tidak datar dan terkesan ‘tidak menjual’ tersebut bisa anda sulap menjadi ruang hunian yang unik dan artistic. Ada begitu banyak contoh desain rumah minimalis di lahan miring yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam merancang hunian anda.

Konsep Rumah Tahan Gempa

Indonesia sebagai salah satu negara yang saat ini divonis sebagai daerah rawan gempa memang perlu mempertimbangkan konsep bangunan rumah tahan gempa , terutama untuk mereka yang berada di kawasan lempeng yang rawan terkena gempa.