Skip to main content

Konsep Rumah Tahan Gempa

Indonesia sebagai salah satu negara yang saat ini divonis sebagai daerah rawan gempa memang perlu mempertimbangkan konsep bangunan rumah tahan gempa, terutama untuk mereka yang berada di kawasan lempeng yang rawan terkena gempa.

Jepang sebagai salah satu negara dengan tingkat intensitas gempa yang cukup tinggi, telah banyak memperkenalkan aneka model rumah tahan gempa yang aman untuk digunakan di daerah rawan gempa.
Musibah gempa bumi biasanya dibarengi dengan musibah tsunami yang datang tanpa diduga. Uniknya, Jepang juga telah memperkenalkan model desain rumah tahan gempa plus banjir yang dikemas menjadi satu. Model rumah tahan gempa memang perlu menjadi acuan saat Anda ingin membangun rumah di kawasan yang rawan gempa.
Berikut ini beberapa contoh model rumah tahan gempa, dan beberapa merupakan rumah adat Indonesia:
1. Rumah bambu
Jangan sepelekan rumah bambu. Rumah bambu dipercaya sebagai salah satu model rumah tahan gempa yang akan mengurangi resiko kecelakaan pemiliknya apabila terjadi gempa. Bentuk dan ukuran bambu yang ringan menyebabkan rumah ini cukup tahan dengan guncangan kuat gempa. Pada saat terjadi bencana gempa bumi di Jogjakarta, salah satu jenis rumah yang tetap aman adalah rumah-rumah bambu.

2. Rumah Hobbit

Model rumah tahan gempa selanjutnya adalah model rumah Hobbit. Model rumah ini diperkenalkan oleh para arsitek Jepang yang sudah cukup berpengalaman menghadapi musibah gempa. Rumah Hobbit tak hanya dirancang sebagai rumah tahan gempa, namun juga sekaligus rumah tahan banjir, sebab apabila terkena air, rumah ini akan mengapung di air. 
Rumah Hobbit ini dirancang berdasarkan hukum Bernauli. Posisi dinding pada desain rumah model hobbit dirancang dengan bentuk 32 sisi. Karakter khas yang mencirikan desain ini terletak pada sistem pondasinya. Struktur pondasi desain rumah ini memakai struktur pondasi bebas. Gayanya merata ke-32 sisi dinding, hal ini menyebabkan desain rumah tersebut mempunyai kekuatan yang merata. 

3. Omo Hada

Omo Hada merupakan rumah adat Nias. Kekuatan konstruksi rumah adat Omo Hada teruji ketika terjadi gempa bumi tahun 2010.Dengan guncangan gempa yang sangat besar, banyak rumah omo Hada tetap tegak berdiri, hanya mengalami sedikit pergeseran. Rumah omo Hada dibuat dengan bahan utama kayu, dengan menggunakan pasak untuk menggabungkan antar bagian.

4. Rumah Gadang

Rumah adat yang sangat unik ini asli minangkabau juga memperlihatkan kekokohannya ketika Padang diguncang gempa pada tahun 2009. Banyak rumah gadang yang masih berdiri kokoh setelah gempa terjadi.

5. Rumah Adat Laheik

Hampir mirip dengan rumah adat milik Nias (Omo Hada), rumah adat laheik terbuat dari kayu yang dihubungkan dengan pasak. Rumah adat dari Kerinci Riau ini juga tahan terhadap gempa.

6. Rumah adat Woloan

Rumah adat Woloan berasal dari daerah Tomohon Sulawesi Utara. rumah adat Woloan berjenis rumah panggung dengan bahan kayu besi atau kayu cempaka. Rumah Woloan terkenal sebagai rumah yang tahan gempa, dilihat dari konstruksinya yang sangat kokoh. Saking terkenalnya, banyak negara luar mengimpor rumah jenis Woloan seperti Argentina dan Venezuela.

Comments

Popular posts from this blog

7 Prinsip Desain Interior dan Arsitektur

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasi, yang di aplikasikan dalam bentuk rupa bangunan sampai perabot nya sehingga menjadi sebuah karya. Jika seorang pelukis, yang mewakili imajinasinya adalah lukisannya, maka seorang desainer Arsitektur dan Interior adalah bangunan yang dikerjakannya.

Desain Rumah Minimalis di Lahan Miring

Kali ini #tentangrumah akan membahas pemanfaatan lahan miring untuk rumah. Memiliki tanah di lahan sempit dengan permukaan yang miring bukanlah alasan bagi anda untuk membiarkannya. Lahan yang sempit sekalipun bisa anda manfaatkan untuk membangun hunian yang nyaman bagi anda dan keluarga. Bahkan, lahan yang permukaannya tidak datar dan terkesan ‘tidak menjual’ tersebut bisa anda sulap menjadi ruang hunian yang unik dan artistic. Ada begitu banyak contoh desain rumah minimalis di lahan miring yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam merancang hunian anda.