Skip to main content

Desain Rumah Minimalis di Lahan Miring



Kali ini #tentangrumah akan membahas pemanfaatan lahan miring untuk rumah. Memiliki tanah di lahan sempit dengan permukaan yang miring bukanlah alasan bagi anda untuk membiarkannya. Lahan yang sempit sekalipun bisa anda manfaatkan untuk membangun hunian yang nyaman bagi anda dan keluarga. Bahkan, lahan yang permukaannya tidak datar dan terkesan ‘tidak menjual’ tersebut bisa anda sulap menjadi ruang hunian yang unik dan artistic. Ada begitu banyak contoh desain rumah minimalis di lahan miring yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam merancang hunian anda.
Lahan dengan kelerengan sekitar 25 derajat atau kurang bisa anda manfaatkan semaksimal mungkin sehingga hunian yang dihasilkan tampak elegan. Memang, sebaiknya anda menggunakan jasa perancang rumah profesional agar proses perencanaannya lebih efektif danbudget yang anda miliki dapat dimanfaatkan secara efektif. Berikut adalah beberapa contoh desain rumah minimalis modern yang bisa anda gunakan. Atau, anda juga bisa meminta rekomendasi kepada perusahaan pengembang, dan melakukan penyesuaian sesuai kondisi lahan anda.
Contoh Desain Rumah Minimalis Modern Di Lahan Miring
Contoh desain rumah minimalis modern ini dibangun di atas lahan miring ke arah samping. Pemilik tidak melakukan cut and fill tanah secara menyeluruh, melainkan menyesuaikan bentuk bangunan dengan lahan yang miring. Cut and fill tanah hanya dilakukan untuk mendapatkan area parkir yang nyaman. Gedung utama dibangun agak tinggi, sehingga terlihat seolah-olah memiliki 2 lantai.
Dari arah depan, desain rumah minimalis di lahan miring ini terlihat seolah-olah memiliki tiga tingkatan, yakni area carport di tingkatan paling bawah, ruang tamu di tingkatan kedua, dan ruang privat, seperti kamar tidur di tingkatan ketiga, padahal rumah ini hanya memiliki 1 lantai. Kesan bertingkat ini tampak semakin kentara karena aplikasi atap model datar. Namun, fasad rumah tampak menarik dengan aplikasi warna yang kontras antara putih dan merah. Untuk menyamarkan lahan yang bertingkat, pemilik membangun tembok pembatas di halaman rumah sehingga ruangan di bawah lantai tidak ter-ekspos keluar.
Ide Desain Rumah Minimalis Di Lahan Miring
Contoh desain rumah minimalis ini tidak menggunakan pekerjaan cut and fill. Pemilik justru menggunakan konsep rumah panggung. Namun, desain rumah tetap dirancang dengan konsep minimalis modern, seperti terlihat dari penggunaan atap datar dan stuktur dengan bentuk geometri kotak yang mendominasi hampir seluruh bagian gedung.
Pintu utama terletak di bagian atas, dan sebuah tangga berdesain minimalis digunakan sebagai akses utama. Sementara itu, bagian bawah rumah (kolong) dimanfaatkan untuk carport. Dengan cara ini, lahan yang terbatas bisa dimanfaatkan secara efektif, dan pemilik masih bisa menggunakan lahan yang tersisa untuk membuat taman kecil, sehingga hunian tersebut tetap tampak asri.
Tips seputar contoh desain rumah minimalis
Desain rumah minimalis di lahan miring sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam industry property. Kontur lahan yang terletak di perbukitan dan bersebelahan dengan jurang telah memicu munculnya berbagai ide desain untuk menyiasati keterbatasan bentuk lahan. Namun, ada beberapa hal yang selama ini menjadi pertimbangan utama para pengembang dalam merancang hunian di lahan yang tidak rata, di antaranya:
  • Hindari membangun rumah di lahan yang bagian belakangnya lebih rendah daripada bagian depan. Sebaliknya, pilihlah lahan yang lebih rendah di bagian depannya. Bentuk lahan seperti ini lebih disukai, karena tampilan rumah akan tampak secara utuh. Selain itu, lahan dengan kontur yang lebih rendah di bagian belakang cenderung kurang stabil.
  • Jika ketinggian lahan anda cukup untuk membangun basement di bawah gedung utama, sebaiknya jangan menggunakan basement sebagai kamar tidur. Anda bisa memanfaatkannya sebagai gudang, atau ruang baca. Para perancang rumah biasanya tidak menganjurkan membangun kamar tidur yang posisinya lebih rendah dibanding jalan. Karena sirkulasi udara dan cahaya yang kurang, ruang basement biasanya cenderung lembab dan kurang sehat.
Posisi lahan yang miring sesungguhnya memberikan anda keleluasaan untuk merancang hunian dengan tampilan yang unik. Namun tentunya, biaya yang dibutuhkan tergantung cakupan pekerjaan dan bentuk rumah yang anda inginkan. Selain itu, pastikan lahan yang akan dibangun liat dan padat, karena lahan lembek cenderung tidak stabil dan mudah longsor.
Berikut beberapa ide rumah di lahan miring:

Comments

Popular posts from this blog

7 Prinsip Desain Interior dan Arsitektur

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasi, yang di aplikasikan dalam bentuk rupa bangunan sampai perabot nya sehingga menjadi sebuah karya. Jika seorang pelukis, yang mewakili imajinasinya adalah lukisannya, maka seorang desainer Arsitektur dan Interior adalah bangunan yang dikerjakannya.

Konsep Rumah Tahan Gempa

Indonesia sebagai salah satu negara yang saat ini divonis sebagai daerah rawan gempa memang perlu mempertimbangkan konsep bangunan rumah tahan gempa , terutama untuk mereka yang berada di kawasan lempeng yang rawan terkena gempa.