Skip to main content

Tips Interior Untuk Rumah Tipe 36


Desain interior rumah tentunya harus sesuai dengan tema rumah yang di usung serta telah disepakati bersama oleh anggota keluarga yang tinggal tanpa mengindahkan estetika keindahan dan kenyamanan disetiap ruang, sehingga semuanya benar-benar menjadikan rumah sebagai tempat favorit.
Rumah tipe 36 adalah rumah minimalis yang dibangun di atas lahan yang sempit sehingga tak heran jika rumah minimalis tersebut hanya memiliki beberapa ruangan dalam rumahnya.
Rumah mungil tipe ini hanya memiliki ruangan pokok yang terdiri dari 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 2 kamar tidur, dan 1 toilet sehingga pemilik rumah harus pintar-pintar menata rumah agar tempat hunian tersebut nyaman untuk ditinggali.

Pertama, desain interior pada bagian rumah tamu. 
Ruang tamu pada rumah minimalis sebaiknya dipoles dengan warna yang cerah, sehingga bisa memberikan kesan luas pada ruangan tersebut.
Bisa dengan memilih warna putih sebagai polesan dinding ruang tamu sehingga warna tersebut bisa memberikan kenyamanan terhadap tamu yang datang ke rumah. Sebagai pengisi ruangan, bisa memilih sofa minimalis dengan warna senada atau kontras, yang akan menimbulkan kesan gradasi pada ruangan tersebut.
Usahakan sofa yang dipilih adalah sofa dengan warna netral agar terlihat matching dengan ruangan tersebut. Sebagai pemanisnya, bisa menambahkan karpet dan hiasan dinding supaya ruangan terlihat semakin menawan. Agar menimbulkan kesan luas, bisa menambahkan kaca pada dinding ruang tamu.

Kedua, desain interior pada bagian ruang keluarga
Ruang keluarga bisa menerapkan konsep gradasi. Tak harus pada polesan dinding, tetapi bisa memadukan polesan dinding dengan perabotan serta aksesoris rumah agar ruangan terlihat semakin hidup.
Misalnya, dengan memilih warna coklat muda atau warna orange sebagai cat ruang keluarga, sehingga warna tersebut bisa memberikan kesan hangat dan ceria ketika menghuninya. Selain itu, anda bisa memilih sofa minimalis dengan warna netral dan memilih karpet yang bermotif untuk memberikan suasana hidup pada ruangan tersebut.
Sebagai sarana hiburan, bisa meletakkan LCD TV di ruang keluarga. Bisa juga memberikan kaca besar yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan sekitar rumah. Selain itu, kaca akan membuat ruangan terlihat lebih longgar.

Ketiga, desain interior pada bagian kamar tidur. 

Rumah tipe ini biasanya memiliki 2 ruangan untuk tempat beristirahat, sehingga kita bisa menyiapkan desain ruangan yang lebih ber variatif, sesuai dengan keinginan tanpa mengindahkan prinsip keindahan dan kenyamanan.
Pada kamar tidur utama, bisa menggunakan cat warna krem atau putih sehingga kamar tidur bisa terlihat luas dan bersih. Untuk perabotannya, bisa menaruh lampu duduk di samping ranjang. Kemudian, bisa meletakkan almari dan menggantung rak buku di ruangan tidur.
Jangan lupa untuk memberikan jendela sebagai ventilasinya sehingga kamar tidur tetap bisa memperoleh cahaya dan udara yang cukup. Sebagai pemanisnya, bisa memberikan wallpaper bermotif untuk dinding kamar dan mini blinds untuk jendela kamar.

Keempat, desain interior pada bagian kamar tidur anak. 

Misalnya, jika anak Anda perempuan, bisa memoles kamar tidurnya dengan warna pink sehingga ruangan tersebut akan terlihat cantik dan memberikan kesan lembut bagi penghuninya.
Sebagai perabotannya, bisa memilih single bed berwarna putih dengan cover bed berwarna pink sehingga benar-benar tampak matching dengan ruangan tersebut. Bisa juga meletakkan rak kecil berwarna putih yang diatasnya terdapat lampu duduk dan jam weker sebagai pemanisnya.
Jangan lupa untuk memberikan jendela sebagai ventilasi ruangan dan mini blinds dengan warna pink sebagai penutupnya. Sebagai hiasan dindingnya, bisa menambahkan poster kartun kesukaan buah hati untuk menambah ruang imaginasi anak.


Kelima, desain interior pada bagian kamar mandi 

Pada bagian rumah minimalis tipe 36, bisa memilih warna ungu atau warna-warna cerah yang disesuaikan dengan warna kesukaan sebagai polesan kamar mandi agar benar-benar merasakan nyaman ketika berada di kamar mandi. Kemudian, bisa memilih bath up dan WC duduk sebagai furniture kamar mandi.
Untuk memberikan kesan sejuk, bisa juga menaruh tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik di ruangan tersebut dan memberikan kaca besar agar ruangan tampak luas.


Semoga bermanfaat …

Comments

Popular posts from this blog

7 Prinsip Desain Interior dan Arsitektur

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasi, yang di aplikasikan dalam bentuk rupa bangunan sampai perabot nya sehingga menjadi sebuah karya. Jika seorang pelukis, yang mewakili imajinasinya adalah lukisannya, maka seorang desainer Arsitektur dan Interior adalah bangunan yang dikerjakannya.

Desain Rumah Minimalis di Lahan Miring

Kali ini #tentangrumah akan membahas pemanfaatan lahan miring untuk rumah. Memiliki tanah di lahan sempit dengan permukaan yang miring bukanlah alasan bagi anda untuk membiarkannya. Lahan yang sempit sekalipun bisa anda manfaatkan untuk membangun hunian yang nyaman bagi anda dan keluarga. Bahkan, lahan yang permukaannya tidak datar dan terkesan ‘tidak menjual’ tersebut bisa anda sulap menjadi ruang hunian yang unik dan artistic. Ada begitu banyak contoh desain rumah minimalis di lahan miring yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam merancang hunian anda.

Konsep Rumah Tahan Gempa

Indonesia sebagai salah satu negara yang saat ini divonis sebagai daerah rawan gempa memang perlu mempertimbangkan konsep bangunan rumah tahan gempa , terutama untuk mereka yang berada di kawasan lempeng yang rawan terkena gempa.