Skip to main content

Jenis-jenis Campuran Adukan Semen

membuat adonan
Dalam membangun rumah, tidak bisa lepas dari pekerjaan mencampur semen, baik untuk plaster dinding, campuran spessie pasangan bata, membuat adukan beton untuk pengecoran dan lain sebagainya. Sehingga perlu kira nya kami menjelaskan tentang jenis-jenis campuran adukan semen di segmen #sekedartahu kali ini.

Perbandingan antara semen (pc), pasir, split maupun air sangat menentukan keuatan dan kualitas dari adukan yang kita buat. campuran yang salah akan menghasilkan mutu beton atau plasteran yang tidak baik dan tidak sesuai dengan kualitas campuran yang kita harapkan.
Lalu bagaimana campuran yang baik dan untuk apa saja peruntukannya. Berikut sedikit perbandingan campuran yang umum di pakai dalam pekerjaan membangun rumah:
1.      Campuran transram
Yang dimaksud transram adalah campuran pasir dan semen yang dapat menghasilkan hasil plaster yang kedap air. Untuk mendapatkan hasil palaster/spessie yang kedap air , kita dapat mencampurkan semen dengan air dengan perbandingan 1:3 . Palasteran transram ini wajib digunakan pada area area yang berhubungan dengan air.
Misalnya:
·         Pasangan bata dan plasteran dinding kamar mandi.
·         Pasangan bata dan plasteran dinding dinding terluar yang terkena air hujan.
·         Pasangan bata dan plasteran dinding dibawah nol lantai hingga +30 cm diatas lantai
·         Pasangan bata dan palsteran dinding dan area tempat cuci
2.      Campuran untuk area yang tidak terkena air
Untuk dinding yang tidak tekena air , kita dapat menggunakan campuran 1(pc):4 pasir, atau 1:6.
3.      Campuran beton struktur
Untuk pengecoran bagian bagian struktur ( beton bertulang yang menjadi kekuatan utama sebuah gedung) seperti Kolom, balok , lantai , plat lantai , Kuda kuda atap dsb, kita harus menggunakan campuran 1pc: 2pasir: 3 split
4.      Campuran beton praktis
Istilah praktis digunakan dalam dunia teknik untuk menggambarkan beton bertulang yang tidak berfungsi sebagai struktur bangunan. Misalnya kolom praktis(kolom kecil pengikat pasangan bata, balok latei ( balok beton bertulang yang diletakkan diatas kusen pintu atau jendela) dll
   Campuran beton praktis yang umum digunakan menggunakan perbandingan 1pc: 3pasir: 5 split. Campuran ini juga umum digunakan untuk pengecoran lantai kerja.


Semoga bermanfaat…dan menjadikan kita sebagai konsumen yang cerdas.


artikel by BhrePolo (copas dari bbrp artikel...gak oleh jae)

Comments

Popular posts from this blog

7 Prinsip Desain Interior dan Arsitektur

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasi, yang di aplikasikan dalam bentuk rupa bangunan sampai perabot nya sehingga menjadi sebuah karya. Jika seorang pelukis, yang mewakili imajinasinya adalah lukisannya, maka seorang desainer Arsitektur dan Interior adalah bangunan yang dikerjakannya.

Desain Rumah Minimalis di Lahan Miring

Kali ini #tentangrumah akan membahas pemanfaatan lahan miring untuk rumah. Memiliki tanah di lahan sempit dengan permukaan yang miring bukanlah alasan bagi anda untuk membiarkannya. Lahan yang sempit sekalipun bisa anda manfaatkan untuk membangun hunian yang nyaman bagi anda dan keluarga. Bahkan, lahan yang permukaannya tidak datar dan terkesan ‘tidak menjual’ tersebut bisa anda sulap menjadi ruang hunian yang unik dan artistic. Ada begitu banyak contoh desain rumah minimalis di lahan miring yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam merancang hunian anda.

Konsep Rumah Tahan Gempa

Indonesia sebagai salah satu negara yang saat ini divonis sebagai daerah rawan gempa memang perlu mempertimbangkan konsep bangunan rumah tahan gempa , terutama untuk mereka yang berada di kawasan lempeng yang rawan terkena gempa.